Selasa, 04 Oktober 2016

Produk apakah yang layak jadi pilihan?

( Artikel 2 )
Produk apakah yang layak jadi pilihan?

Pada prinsipnya apapun produk ( Barang atau Jasa ) bisa kita promosikan di FB atau medsos yang lainnya.  Justru yang menjadi pertanyaan untuk diberikan solusinya adalah saat kita mempunyai semangat dan niat untuk menjadi pebisnis online ( misal di FB ), namun kita belum menemukan suatu produk yang ‘layak’.

*) Kelayakan suatu produk justru sangat berpengaruh dengan seberapa kita menyukai produk tersebut. Mengapa? Karena akan menjadi sebuah usaha yang sia-sia apabila kita menawarkan suatu produk yang tidak kita sukai.
Saya suka buku. Menjadi hal yang sangat logis, jika saya sangat semangat menekuni usaha penjualan buku. Pun demikian, saya tidak begitu menyukai usaha jasa. Banyak temen-temen menawarkan kerjasama untuk membuat suatu EO ( Even organizer ) atau sekedar menjualkan tiket suatu acara training pengembangan diri, saya selalu menolaknya secara halus. Kenapa saya tidak suka? Saya tidak tahu kenapa secara jelasnya, namun yang jelas saya belum ada ‘klik’ pada hal tersebut. Dan, itu cukup sebagai alasan buat saya :D

*) Kelayakan suatu produk yang kita pilih juga sangat dipengaruhi oleh ‘selera’ konsumen.
Saat kita mengikuti suatu komunitas atau suatu jaringan perkawanan di FB misalnya, di mana sebagian besar tertarik dengan topik atau kegiatan tertentu, maka kita bisa memanfaatkannya dengan dengan menyediakan produk yang dibutuhkan oleh komunitas atau jaringan perkawanan kita ini. Hal ini jika dilakukan biasanya akan sangat cepat mendapatkan respon yang positif. Artinya, kita telah menempatkan produk kita kepada kalangan yang memang membutuhkannya.

Lalu, jika kita menyukai suatu produk namun belum mempunyai pangsa market atau komunitas yang membutuhkan produk tersebut, apa yang harus kita lakukan?
Salah satu opsi atau pilihannya adalah ‘melahirkan’ pangsa market atau komunitas itu sendiri. Memang sedikit memerlukan waktu. Branding personal, branding produk, menciptakan suatu sistem marketing tersendiri untuk mampu mengumpulkan person per person yang punya minat pada produk tersebut, melakukan ‘eksekusi’ pemasaran yang terencana. Artinya, dalam hal ini kitalah yang menciptakan ‘opini’ bahwa produk kita merupakan kebutuhan bagi orang-orang yang kita bidik. Kemampuan melakukan sharing informasi yang bagus dan persuasif sangat diperlukan dalam konteks ini.

Sebagai bahan sharing,… selain hal-hal di atas, produk yang seperti apakah yang memang ‘layak’ kita pilih?
Silakan ^_^

SHARE THIS

Author:

Facebook Comment

0 komentar: